RABIAL KANADA, DESA PERANGAI, KECAMATAN MERAPI SELATAN, KABUPATEN LAHAT, SUMSEL
RABIAL KANADA, DESA PERANGAI, KECAMATAN MERAPI SELATAN, KABUPATEN LAHAT, SUMSEL

Total Tayangan Halaman

TELUSURI

Jumat, 03 Februari 2012

KOPI LAHAT

Kopi merupakan salah satu unggulan penghasilan pada sektor perkebunan di kabupaten Lahat. Tanaman yang dapat dijumpai hampir di seluruh kecamatan ini perannya sangat besar dalam menopang kegiatan ekonomi Kabupaten Lahat. Luas areal tanaman kopi sekitar 114.317 hektar dengan total produksi lebih dari 60.500 ton per tahun. Luas lahan maupun produksi kopi lahat yang terbesar di Sumatera Selatan.
Tanaman kopi umumnya perkebunan rakyat yang menjadi gantungan hidup sekitar 30.806 rumah tangga. Produksi kopi terbesar di Kecamatan Merapi Selatan, 15.684 ton dari areal 3.000 hektar tanaman menghasilkan.


Pemasaran kopi bagi petani Lahat khususnya kecamatan Merapi Selatan (Perangai) tidak sulit. Petani tinggal membawa hasil kebun ke pengepul yang sering disebut tokeh atau pasar sekali seminggu. Biasanya penduduk menjual kopi setiap sabtu - senin karena pada hari selasa ada kalangan atau pasar mingguan. Mereka berbelanja kebutuhan harian sandang pangan maupun perabotan, pakaian. 

 Di tingkat petani harga kopi sangat ditentukan oleh pedagang pengumpul. Harga kopi pernah berjaya saat negeri ini dilanda krisis moneter tahun 1997. Saat itu harga kopi Rp 15.000 per kilogram. Naiknya harga kopi membawa dampak positif bagi petani. Banyak petani yang kaya mendadak. Namun, setelah itu, harga kopi terus turun, bahkan pernah Rp 2.900 per kilogram pertengahan 1999. Tapi pada pertengahan 2008 ini harga kopi mulai naik lagi, bahkan pernah mencapai angka Rp. 20.000 per kilogram.


Besarnya produksi kopi di Lahat agaknya belum dibarengi tumbuhnya industri pengolahan kopi, yang mengolah kopi asalan menjadi kopi bubuk atau bahan baku industri yang lebih hilir. Saat ini, industri pengolahan kopi merupakan industri kecil dan menengah.Karena pertumbuhan industri pengolah kurang berkembang maka kebanyakan pedagang pengumpul membawa komoditas itu ke luar Lahat, biasanya ke Kota Palembang, Lampung, maupun Jawa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RABIAL KANADA, DESA PERANGAI, KECAMATAN MERAPI SELATAN, KABUPATEN LAHAT, SUMSEL